[Python][PyWebview] WebView2 initialization failed with exception: Access is denied

Sabtu, 04 Februari 2023


Error atau kesalahan pada gambar diatas dapat diartikan sebagai "kegagalan akses pada inisialisasi WebView2".

Hal ini terjadi pada saat saya mengeksekusi file python dengan menggunakan modul PyWebview dan disebabkan karena tidak ada izin akses membaca dan menulis pada direktori userdata/application atau pada permasalahan saya adalah izin hak akses membaca dan menulis pada direktori python C:\Program Files\Python311.

Yang perlu dilakukan agar PyWebview dapat berjalan dengan baik adalah merubah hak akses pengguna pada direktori python webview2. Masuk kedalam direktori python C:\Program Files\ lalu cari folder python dan klik kanan dan pilih properties.Pilih tab “security”. Klik pada tombol edit dan klik tombol add atau tambah. Masukkan nama pengguna atau profile yang anda gunakan saat ini atau dapat menuliskan “everyone” jika semua pengguna atau profile dapat memiliki hak akses membaca dan menulis pada direktori python311. Jika sudah selesai klik ok.Dan pada tampilan “permission”, berikan centang pada pilihan “full control”. Klik apply dan ok.
Setelah itu anda dapat coba untuk mengeksekusi ulang pada kode atau “scripts” yang sudah anda buat.

Semua instruksi diatas mungkin bisa berhasil atau tidak. Apabila menemukan sebuah masalah lanjutan, anda dapat menulis komentar dibawah dengan bijak mungkin saya bisa membantu anda.

Saat ini saya menggunakan :
  • Python versi 3.11.1
  • Pip versi 22.3.1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar