[Python][Venv] Error pada saat mengaktifkan virtual environment.

Minggu, 24 November 2019

Error diatas terjadi pada saat saya ingin mengaktifkan "virtual environment (./activate)" untuk django web framework menggunakan powershell di IDE Github Atom.
Dijelaskan pada error diatas bahwa file "Activate.ps1" tidak dapat dimuat karena scripts yang berjalan dinonaktifkan pada sistem ini. bla bla bla. untuk menyelesaikan error ini saya ada beberapa cara diantaranya :
  • Memodifikasi execution policy dengan powershell.
  • Menggunakan GitBash.
Karena saya menggunakan powershell di IDE Github Atom maka saya memilih untuk memodifikasi "execution policy". Sebelum memodifikasi "execution policy" saya melakukan pengecekan dengan cara, buka powershell dengan hak admin / "run as administrator". Lalu jalankan script "Get-ExecutionPolicy -List".
Dari hasil pengecekan diatas kita fokus pada "scope CurrentUser" dan "scope LocalMachine" dimana scope tsb memiliki "ExecutionPolicy Restricted" dan mengacu kepada error diatas terdapat url http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=135170 tentang "Execution Policies" bahwa "execution policy restricted" berarti mencegah berjalannya semua file skrip, termasuk pemformatan dan fail konfigurasi (.ps1xml), fail skrip modul (.psm1), dan profil PowerShell (.ps1).
Hal ini yang menyebabkan lingkungan virtual tidak dapat dijalankan di powershell. Solusinya adalah merubah "execution policy" yang semula "restricted "menjadi "unrestricted" dengan cara, buka powershell dengan hak admin / "run as administrator". Lalu jalankan script "Set-ExecutionPolicy unrestricted CurrentUser (untuk user saat ini)" atau "Set-ExecutionPolicy unrestricted LocalMa (untuk mesin)". Sebagai contoh saya menggunakan "Set-ExecutionPolicy unrestricted CurrentUser".
Lalu ketik "A" untuk "Yes to All".

Setelah itu bisa dicoba kembali untuk mengaktifkan lingkungan virtual di IDE Github Atom atau dapat dilakukan restart PC terlebih dahulu sebelum mengaktifkan lingkungan virtual. Untuk keluar dari lingkungan virtual dapat dilakukan dengan cara mengetik "deactivate" pada terminal. 

Semua instruksi diatas mungkin bisa berhasil atau tidak. Apabila menemukan sebuah masalah lanjutan, anda dapat menulis komentar dibawah dengan bijak mungkin saya bisa membantu anda.

Saat ini saya menggunakan :
  • Python versi 3.7.4
  • Pip versi 19.3.1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar